Pelatihan kelompok ibu rumah tangga dalam pencegahan ispa pada anak dengan menggunakan terapi komplementer

Elsa, Dora Haloho and Trisno, Sirait and Riswani, Tanjung (2023) Pelatihan kelompok ibu rumah tangga dalam pencegahan ispa pada anak dengan menggunakan terapi komplementer. MAHESA : Malahayati Health Student Journal, 3 (3): 7. pp. 650-661. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_3_3_2023-7.pdf]
Preview
Text
2746-198X_3_3_2023-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (195kB) | Preview

Abstract

Masa usia sekolah merupakan masa kritis, dikarenakan pada masa ini sering terjadi penyakit menular pada anak. Angka kejadian penyakit menular pada anak semakin meningkat dan berdampak terhadap pertumbuhan dan perkembangan fisik anak. Ibu adalah pelaku utama dalam penerapan pemeliharaan kesehatan anak dan keluarga dalam upaya pencegahan penyakit menular pada anak. ISPA merupakan penyakit yang sering kita temui pada anak. Gangguan pernafasan yang diderita menyebabkan anak cenderung menjadi lesu, rewel, dan kurang nafsu makan sehingga menurunkan imun anak yang berpengaruh pada masalah kesehatan lainnya. Penggunaan terapi komplementer sangat bermamfaat bagi keluarga khususnya untuk mengurangi dampak kejadian penyakit ISPA pada anak dan dapat diterapkan sebagai pengobatan terapi alternatif mandiri untuk keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada kelompok ibu rumah tangga dalam pencegahan ispa dengan menggunakan terapi komplementer pada anak. Metode pencarian data yang digunakan dalam tinjauan sistematis ini menggunakan empat database utama yaitu google search, google scholar, Science Direct, dan PubMed dengan pencarian jurnal dari tahun 2019 sampai 2023. Analisis dari 10 artikel menunjukkan bahwa penggunaan terapi komplementer dapat membantu untuk mengurangi dampak kejadian penyakit khususnya ISPA pada anak. Berdasarkan kajian pustaka yang disitasi dapat disimpulkan bahwa Peran kelompok Ibu dalam upaya pencegahan ISPA pada anak menggunakan terapi komplementer memberikan hasil yang sangat bagus dan meningkatkan keterampilan ibu serta mengetahui peran pada kelompok ibu melalui pendidikan kesehatan, pelatihan terapi herbal untuk mengatasi ISPA pada anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ibu rumah tangga, Pelatihan, Pemanfaatan terapi komplementer. Housewives, Health education, Bronchial diseases.
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:02
Last Modified: 05 Oct 2023 07:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22702

Actions (login required)

View Item
View Item