Endang, Pudjiastuti Sartinah and Sri, Joeda Andajani and Pamuji, Pamuji and Ach., Sudrajad Nurismawan (2022) Model hybrid learning indoor and outdoor untuk meningkatkan layanan interaksi sosial penyandang disabilitas usia dini. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (2): 10. pp. 203-212. ISSN 2579-3063
2579-3063_9_2_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (522kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini secara khusus bertujuan untuk menguji kelayakan produk model hybrid learning indoor and outdoor dalam meningkatkan layanan interaksi sosial penyandang disabilitas usia dini bagi pendidik taman kanak-kanak. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain model Educational Research Development dari Gall, Gall & Borg (2003). Dalam penerapan penguji kelayakan produk dilakukan melalui uji ahli dan kepraktisan. Pengumpulan data yang diperoleh dari uji ahli dan kepraktisan dianalisis dengan menggunakan teknik presentase. Selanjutnya hasil ketepatan dari model hybrid learning indoor and outdoor dikemas dalam jaringan web agar setiap saat dapat digunakan serta sifatnya fleksibel melalui inovasi belajar dari setiap daerah, khusus untuk memberikan layanan interaksi sosial penyandang disabilitas usia dini. Berdasarkan uji tingkat kelayakan model dari penilaian 2 ahli PAUD dan PLB menyatakan bahwa produk model hybrid learning indoor and outdoor untuk meningkatkan layanan interaksi sosial penyandang disabilitas usia dini bagi pendidik TK inklusif dapat digunakan untuk ujicoba, setelah direvisi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model hybrid learning indoor and outdoor, Penyandang disabilitas usia dini, Teaching materials, Social interaction, Early childhood |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 23:00 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 23:00 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22621 |