Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik cinema therapy untuk meningkatkan empati siswa SMA Negeri 1 Malo

Zeti, Novitasari and Vesti, Dwi Cahyaningrum and Yunita, Dwi Setyoningsih and Hintang, Susilo (2022) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik cinema therapy untuk meningkatkan empati siswa SMA Negeri 1 Malo. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (2): 8. pp. 177-186. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_9_2_2022-8.pdf]
Preview
Text
2579-3063_9_2_2022-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy untuk meningkatkan empati siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo Tahun Ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui instrumen empati. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk membandingkan nilai pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empati siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo sebelum diberikan perlakuan dengan teknik cinematherapy berada pada kategori rendah dengan presentase 60,36% dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik cinematherapy mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata-rata 91,08%, perbandingan antara hasil presentase siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan rata-rata 30,72%. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test, artinya bimbingan kelompok teknik cinematherapy efektif dalam meningkatkan empati terhadap siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, Cinema therapy, Empati, Group counseling, High school student, Student attitude
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Nov 2023 22:54
Last Modified: 27 Nov 2023 22:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22612

Actions (login required)

View Item
View Item