Putri, Ayuningtyas and Rosalia, Dewi Nawantara and Nora, Yuniar Setyaputri (2022) Pengembangan media permainan ajian jaran goyang untuk meningkatkan efikasi diri siswa SMP. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (2): 6. pp. 151-161. ISSN 2579-3063
2579-3063_9_2_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (399kB) | Preview
Abstract
Fenomena lapangan saat ini mengatakan bahwa sebagian anak usia SMP di wilayah Grogol Kediri kurang mampu memilih sesuatu yang cocok untuk dirinya karena belum memahami pentingnya self efficacy. Oleh karena itu, peran guru bimbingan dan konseling sangat penting dalam kondisi sekarang ini untuk memberikan pelayanan melalui media. Media tersebut dapat menggunakan kesenian tradisional favorit remaja Kediri yaitu kesenian Jaranan. Media ini bisa disebut media permainan “Ajian Jaran Goyang” dengan alat-alat antara lain jaran kepang, papan lintasan, kartu gerak, udeng, soal pengembangan, dan buku panduan. Penelitian ini menggunakan model R&D Borg & Gall dan menghasilkan media yang dapat diterima secara teoritis dan praktis. Penelitian saat ini memasuki tahap keempat, yaitu uji ahli dengan skor 72, uji ahli pengembangan media dengan skor 72, dan uji coba pengguna dengan skor 69,5. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media permainan “Ajian Jaran Goyang” dapat diterima secara teoritis dengan kategori sangat tepat digunakan untuk meningkatkan efikasi diri siswa SMP melalui makna luhur seni jaranan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ajian jaran goyang, Efikasi diri, Siswa, Secondary education, Self efficacy, Teaching method |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 09:14 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 09:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22606 |