Profil vertikal serta korelasi Radical Hydroxyl dan ozon di Indonesia berbasis observasi sensor MLS satelit AURA

Rahayu, Soni Aulia and Ambarsari, Novita (2011) Profil vertikal serta korelasi Radical Hydroxyl dan ozon di Indonesia berbasis observasi sensor MLS satelit AURA. In: Seminar Nasional Sains Atmosfer dan Antariksa 2011, 22 November 2011, Puspiptek-Serpong.

[thumbnail of Prosiding_Rahayu_LAPAN_2011.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Rahayu_LAPAN_2011.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Radikal hydroxyl (OH) merupakan salah satu senyawa penting dalam penguraian gas-gas rumah kaca yang terdapat di atmosfer. Akan tetapi radikal OH pada lapisan stratosfer dapat mengganggu proses terbentuknya ozon seperti halnya ClO dan Br. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari keterkaitan peningkatan radikal OH dan penurunan ozon yang terjadi pada lapisan stratosfer. Data yang digunakan berasal dari satelit AURA dengan instrumen Microwave Limb Sounder (MLS), berupa data volume mixing ratio OH dengan mengambil wilayah Indonesia pada koordinat 6°LS-11°LU 95°BT-145°BT. Hasil analisis variasi bulanan profit vertikal radikal OH untuk wilayah Indonesia pada Januari 2005-Desember 2009 terjadi peningkatan pada tekanan diatas 10 hPa, dengan nilai maksimum terjadi pada tekanan 0,006 hPa dengan OH miksing rasio maksimum antara 0,008 ppmv. Sedangkan untuk variasi bulanan profil vertikal ozon pada tahun yang sama diperoleh nilai maksimum pada tekanan 10 hPa dengan miksing rasio maksimum antara 8-11 ppmv. Nilai korelasi radikal OH dengan ozon sangat baik terjadi pada tekanan 0,0046 hPa dengan nilai r = 0,8 mempunyai hubungan negatif, dimana apabila miksing rasio radikal OH meningkat maka akan menyebabkan menurunnya miksing rasio ozon.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi LAPAN > Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Teknologi Atmosfer > Lingkungan Atmosfer
Divisions: LAPAN > Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer
Depositing User: - Aullya -
Date Deposited: 09 Sep 2024 09:15
Last Modified: 09 Sep 2024 09:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22602

Actions (login required)

View Item
View Item