Kesiapan guru menuju digitalisasi pendidikan di era merdeka belajar ditinjau dari komponen TPACK

Tumafto Naufal, Handifakhri Putra Mulyanto and Nono, Hery Yoenanto (2023) Kesiapan guru menuju digitalisasi pendidikan di era merdeka belajar ditinjau dari komponen TPACK. In: Proceeding Series of Psychology.

[thumbnail of 2986-1101_1_1_2023-30.pdf]
Preview
Text
2986-1101_1_1_2023-30.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (243kB) | Preview

Abstract

Salah satu program kerja dari Kemendikbudristek dalam kurikulum merdeka belajar adalah digitalisasi pendidikan yang mana tujuan utamanya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam berbagai aspek pengajaran. Oleh karena itu, guru perlu memiliki pemahaman mendalam untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran. TPACK adalah kerangka kerja dimana di dalamnya memuat integrasi antara komponen pedagogik, materi, dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana kondisi pemahaman guru Indonesia di tiap jenjang pendidikan akan konsep TPACK dan mempelajari bagaimana kaitannya dengan kesiapan menuju digitalisasi pendidikan. Penelitian menggunakan metode systematic review dengan teknik analisa tematik. Hasil analisa menemukan bahwa guru-guru Indonesia pada tiap jenjang memiliki kemampuan yang baik pada ketiga komponen dasar dalam TPACK yakni komponen technological knowledge (TK), pedagogical knowledge (PK), dan content knowledge (CK). Kemampuan dasar ini dapat membantu guru menuju digitalisasi pendidikan di era merdeka belajar. Meskipun begitu, masih terdapat guru yang kesulitan dalam mengintegrasikan ketiga komponen tersebut secara bersamaan dalam pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: TPACK, Digitalisasi pendidikan, Merdeka belajar. Curriculum development, Activity learning, Academic freedom.
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Control Systems & Control Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 05 Oct 2023 05:54
Last Modified: 05 Oct 2023 05:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22591

Actions (login required)

View Item
View Item