Amelia, Atika and Hastiani, Hastiani (2022) Penerapan Solution-Focus Brief Counseling (SFBC) untuk meningkatkan kemampuan kerjasama pada mahasiswa. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (2): 4. pp. 125-136. ISSN 2579-3063
2579-3063_9_2_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (472kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian yaitu menghasilkan panduan solution focus brief counseling (SFBC) untuk meningkatkan kemampuan kerja sama mahasiswa bimbingan dan konseling. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kerjasama mahasiswa IKIP-PGRI Pontianak. Pendekatan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus. Penilaian aspek kerjasama mahasiswa dalam penerapan panduan SFBC untuk meningkatkan kemampuan kerjasama mahasiswa. Penilaian aspek kerjasama mahasiswa dalam dalam penerapan panduan SFBC menggunakan pedoman observasi adapun indikator mencangkup komunikasi, koordinasi, kontribusi, toleransi, tanggung jawab, dan motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan SFBC dapat meningkatkan keterampilan kerjasama mahasiswa. Adapun perolehan indikator kerjasama pada setiap siklus tergolong “Baik” dan “Sangat Baik”, untuk perolehan rerata setiap siklus. Panduan SFBC untuk meningkatkan kemampuan kerjasama mahasiswa, yang terdiri dari: Rasional, tujuan pelaksanaan, pelaksanaan, teknik-teknik terapi SFBC, evaluasi, dan tindak lanjut. Setelah penerapan panduan SFBC maka dapat disimpulkan bahwa panduan SFBC dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menghargai, Kemampuan berkontribusi, Kemampuan berbagi, SFBC, Sikap terbuka, Counseling, College student, Group discussion |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 09:11 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 09:11 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22587 |