Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dengan operating performance sebagai variabel moderating pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Riny, Riny (2019) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dengan operating performance sebagai variabel moderating pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil : JWEM, 9 (1): 3. pp. 21-32. ISSN 2088-9607

[thumbnail of 2088-9607_9_1_2019-3.pdf]
Preview
Text
2088-9607_9_1_2019-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (589kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan dengan kinerja operasi sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain asosiatif kausal. Populasi adalah 39 perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014, dan 26 diantaranya digunakan sebagai sampel. Data sekunder diperoleh dari website BEI, www.idx.co.id. Data dikumpulkan dengan melakukan studi dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda untuk analisis statistik, sedangkan model regresi telah diuji dalam uji asumsi klasik. Variabel independen adalah leverage, likuiditas, profitabilitas dan ukuran, sedangkan variabel dependen adalah nilai perusahaan dan variabel moderating adalah kinerja operasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen (leverage, likuiditas, profitabilitas dan size) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel independen (leverage dan likuiditas) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel independen (profitabilitas dan size) berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil uji residual menunjukkan bahwa variabel kinerja operasi tidak terbukti sebagai variabel moderating yang dapat memperlemah pengaruh leverage, profitabilitas dan size terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran, Nilai Perusahaan, Kinerja operasi, Barang konsumsi, Leveraged buyouts, Liquidity (economics), Profitability, Consumer goods, Value of company, Financial performance
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 28 Jan 2024 13:53
Last Modified: 28 Jan 2024 13:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22584

Actions (login required)

View Item
View Item