Pentingnya self-compassion pada mahasiswa penyintas pelecehan seksual

Tyas, Anastasya Pratiwi and Ike, Herdiana (2023) Pentingnya self-compassion pada mahasiswa penyintas pelecehan seksual. In: Proceeding Series of Psychology.

[thumbnail of 2986-1101_1_1_2023-27.pdf]
Preview
Text
2986-1101_1_1_2023-27.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menggambarkan pentingnya self-compassion, terutama pada mahasiswa penyintas pelecehan seksual dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, penulis melakukan penelaahan terhadap buku-buku, literatur, serta laporan-laporan yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat. Hasil dari proses tersebut merujuk pada kesimpulan bahwa pelecehan seksual dapat terjadi dalam berbagai setting ruang lingkup, salah satunya adalah ranah pendidikan. Pelaku adalah hampir semua orang yang dikenal baik oleh korban, seperti teman, pacar, senior, hingga dosen. Pada dasrnya korban sangat dirugikan akan hal tersebut, baik secara fisik, psikis, maupun sosial. Reaksi tersebut tidak terlepas dari adanya stigma yang dilekatkan masyarakat pada penyintas pelecehan seksual. Pada umumnya, korban akan merasa resah, panik, hilang rasa percaya diri, hingga depresi. Berangkat dari trauma tersebut, korban sering kali memunculkan bentuk perilaku seperti penyesalan, menyalahkan diri sendiri, hingga melakukan percobaan bunuh diri. Dalam kondisi tersebut, self-compassion penyintas dapat menurun hingga titik terendah. Oleh sebab itu, guna mengembalikan penyintas sebagai individu yang sehat mental, perlu adanya upaya dalam meningkatkan self-compassion tersebut sehingga individu dapat optimal dalam menjalankan kehidupan di masa mendatang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa, Pelecehan seksual, Penyintas, Self-compassion. College students, Sexual harassment, Survivors.
Subjects: Social and Political Sciences > Psychology
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 05 Oct 2023 05:37
Last Modified: 05 Oct 2023 05:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22583

Actions (login required)

View Item
View Item