Regulasi diri belajar online di masa pandemi Covid-19

Titin, Kholisna and Siti, Fatimah (2022) Regulasi diri belajar online di masa pandemi Covid-19. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (2): 2. pp. 108-115. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_9_2_2022-2.pdf]
Preview
Text
2579-3063_9_2_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (310kB) | Preview

Abstract

Self-regulation online learning (SRoL) merupakan proses proaktif secara internal dari mahasiswa untuk dapat mencapai perkuliahan yang dilakukan secara online dimasa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kondisi perkuliahan mahasiswa dimasa pandemi yang mengubah regulasi belajarnya, dan bagaimana capaian-capaiannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengambil teknik random sampling pada mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan online. Deskripsi hasil penelitian ini menerangkan capaian tertinggi dari respons self regulation online learning (SRoL) meliputi enam indikator yaitu pertama goal setting menunjukkan 57,1% mahasiswa dapat membuat strategi belajar dengan baik. Indikator kedua environment structuring yaitu bagaiamana mereka mengatur lingkungan secara kondusif direspons 35,7%. Indikator ketiga task management direspons 7,1%, indikator keempat time management menerangkan sebanyak 32,9% mahasiswa dapat mengelola waktunya. Kelima help seeking yaitu meminta bantuan teman 80,1% dalam mengerjakan tugas atau memerlukan pemahaman. Keenam self evaluation direspons 44,3% yaitu mahasiswa mengevaluasi hasil belajar dengan capaian pembelajarannya. Dari data ini menunjukkan pencapaian perkuliahan yang dilakukan dengan sistem online tidak menjamin adanya usaha yang maksimal meskipun dapat mengakses tugas-tugas perkuliahan lebih mudah dengan jaringan internet.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Regulasi diri belajar online, masa pandemi Covid-19, mahasiswa
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:02
Last Modified: 27 Nov 2023 04:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22580

Actions (login required)

View Item
View Item