Efikasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek pelajaran matematika siswa kelas IX

Siti, Shalma Fitriah and Daliman, Daliman (2023) Efikasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap perilaku menyontek pelajaran matematika siswa kelas IX. In: Proceeding Series of Psychology.

[thumbnail of 2986-1101_1_1_2023-24.pdf]
Preview
Text
2986-1101_1_1_2023-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak orang menganggap bahwa proses penbelajaran di sekolah, semata-mata agar siswa mendapatkan nilai tinggi. Hal ini membuat siswa akhirnya melakukan hal-hal curang seperti berperilaku menyontek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek. Penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional, dengan populasi siswa kelas XI SMPN 25 Bandung. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai F regresi sebesar 21,056, dengan p 0,000 < 0,05 pada R sebesar 0,552 dan varian efikasi diri dan konformitas teman sebaya dapat menjelaskan 30,49% dari varian perilaku menyontek siswa. Tidak terdapat hubungan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek dan terdapat hubungan yang positif signifikan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku menyontek siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka pihak sekolah diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan perilaku jujur dan percaya diri siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, Konformitas teman sebaya, Perilaku menyontek. Activity learning, Friendship, Student Cheating.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:37
Last Modified: 05 Oct 2023 04:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22577

Actions (login required)

View Item
View Item