Keyakinan dan keraguan dalam memilih karir: Apakah akan menentukan komitmen karir?

Reza, Lidia Sari (2023) Keyakinan dan keraguan dalam memilih karir: Apakah akan menentukan komitmen karir? In: Proceeding Series of Psychology.

[thumbnail of 2986-1101_1_1_2023-20.pdf]
Preview
Text
2986-1101_1_1_2023-20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Komitmen karir merupakan hal penting untuk pengembangan dan kemajuan karir seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari keraguan diri terkait karir, keyakinan diri dalam pengambilan keputusan karir, dan fleksibilitas karir terhadap komitmen karir. Studi crosssectional berbentuk survei dilakukan pada 81 mahasiswa melalui kuisioner elektronik yang berisikan alat ukur Brief Decisional Self-Efficacy Factor (CEDSE-BD) dan Vocational Identity Status Assessment (VISA). Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Hasilnya menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari keyakinan diri dalam pengambilan keputusan karir terhadap komitmen karir dan ada pengaruh negatif yang signifikan dari fleksibilitas karir terhadap komitmen karir. Di sisi lain, keraguan diri terkait karir ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap komitmen karir, namun fleksibilitas karir memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keraguan diri terkait karir. Dengan demikian, hal utama yang menjadi perhatian ketika ingin meningkatkan komitmen karir seseorang adalah dengan memunculkan keyakinan diri dalam pengambilan keputusan karir.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Fleksibilitas karir, Keputusan karir, Keraguan karir, Keyakinan karir, Komitmen karir. Career choice, Career development, Occupations.
Subjects: Social and Political Sciences > Psychology
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 04 Oct 2023 10:11
Last Modified: 04 Oct 2023 10:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22570

Actions (login required)

View Item
View Item