Parental involvement dan vygotsky’s post-theory dalam keberhasilan pembelajaran online untuk anak usia dini

Ratna, Prayudiptya Azarine and Wiwin, Hendriani (2023) Parental involvement dan vygotsky’s post-theory dalam keberhasilan pembelajaran online untuk anak usia dini. In: Proceeding Series of Psychology.

[thumbnail of 2986-1101_1_1_2023-19.pdf]
Preview
Text
2986-1101_1_1_2023-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang membuat keberhasilan pembelajaran online pada anak usia dini, yang ditinjau dari parental involvement dan postvygotsky theory. Keberhasilan pembelajaran online ditentukan dari tiga faktor utama, yaitu: peran guru, peran orangtua, dan rancangan atmosfer pembelajaran di rumah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus intrinsik. Teknik penggalian data yang digunakan adalah observasi langsung, dokumentasi, serta wawancara terstruktur dari partisipan lalu dianalisis menggunakan analisis tematik theory driven. Partisipan berjumlah 3 orang, yaitu 1 orang guru dan 2 orang wali murid. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran online pada anak usia dini dikatakan berhasil apabila kolaborasi antara orang tua dan guru dalam proses pembelajaran online menghasilkan indikator sebagai berikut: anak-anak mengikuti pembelajaran dari awal hingga akhir dengan antusias sesuai rentang fokusnya, anak-anak mendapatkan stimulus sensory dengan hands on activity, sesuai dengan ZPD dan scaffolding dari guru via daring, serta anak-anak mendapat stimulus emosi positif dari orang tua, guru dan teman melalui pembelajaran via daring. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru PAUD yang melaksanakan pembelajaran online selama pandemi, dan sebagai pembelajaran inovatif untuk kasus-kasus tertentu yang tidak memungkinkan siswa untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Parental involvement, PAUD, Pembelajaran online, Teori vygotsky. Parental influence, Distance Education, Kindergarten
Subjects: Manufacturing Technology > Productivity
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 04 Oct 2023 10:06
Last Modified: 04 Oct 2023 10:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22568

Actions (login required)

View Item
View Item