Pembentukan support group melalui konselor sebaya untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental santri

Qurrotu, ‘Ainin and Cika, Humaira and Putri, Kholidah Aisah Humairo’ (2023) Pembentukan support group melalui konselor sebaya untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental santri. In: Proceeding Series of Psychology.

[thumbnail of 2986-1101_1_1_2023-17.pdf]
Preview
Text
2986-1101_1_1_2023-17.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan literasi mengenai pentingnya kesehatan mental santri di pondok pesantren melalui psikoedukasi dan membekali santri kompetensi dasar konseling melalui pelatihan konselor sebaya. Partisipan dalam penelitian ini merupakan 26 santri pondok pesantren di Jombang. Seleksi calon konselor sebaya menggunakan Skala Mental Health Literacy Questionnaire yang dipopulerkan oleh Wang (2013). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Data kuantitatif yang didapatkan dari penelitian dianalisis menggunakan uji paired t test pada aplikasi SPSS versi 25 untuk mengetahui hasil skor literasi kesehatan mental calon konselor sebaya sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa literasi kesehatan mental santri sudah tinggi yakni sebanyak 24 santri memiliki skor kategori tinggi berdasarkan hasil pretest dan posttest sehingga santri dianggap mampu membentuk support group teman sebaya dan dilakukan konseling antar santri. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa santri mendapatkan bekal kompetensi dasar konseling sebaya untuk membantu temannya menangani permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan mental.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Konselor sebaya, Santri, Literasi kesehatan mental. Counselling, Mental Health, Islamic boarding students.
Subjects: Social and Political Sciences > Psychology
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 04 Oct 2023 09:24
Last Modified: 04 Oct 2023 09:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22564

Actions (login required)

View Item
View Item