Sebuah tinjauan literatur: Peran perguruan tinggi untuk meningkatkan kesiapan kerja para lulusan

Putu, Regina Sanjiwani Prakasa and Achmad, Chusairi (2023) Sebuah tinjauan literatur: Peran perguruan tinggi untuk meningkatkan kesiapan kerja para lulusan. In: Proceeding Series of Psychology.

[thumbnail of 2986-1101_1_1_2023-16.pdf]
Preview
Text
2986-1101_1_1_2023-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesiapan kerja menjadi penting sebagai kriteria seleksi dalam dunia kerja. Di masa pandemi memiliki tantangan tersendiri bagi para lulusan untuk bersaing mendapatkan pekerjaan. Perguruan tinggi memainkan peran kunci untuk menyiapkan lulusan agar memiliki kesiapan kerja. Tujuan dilakukan tinjauan literatur ini untuk mengetahui peran perguruan tinggi dalam meningkatkan kesiapan kerja para lulusan. Metode yang digunakan adalah Systhematic Literature Review dengan menggunakan 7 literatur tahun 2016 – 2020, diperoleh dari portal SAGE dan Garuda Dikti. Dari hasil kajian ditemukan kesamaan bahwa perguruan tinggi berperan dalam mengembangkan soft-skill lulusannya melalui beberapa program yang diterapkan diantaranya program magang, inkubator bisnis, kerja part-time, pelatihan komunikasi, leadership, orientasi belajar, kerjasama dan fleksibilitas. Hasil ini juga dapat memberikan pengetahuan dan motivasi bagi para lulusan atau sarjana untuk mengikuti program perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kesiapan kerja agar sukses berkarir di dunia kerja.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan kerja, Lulusan, Perguruan tinggi, Tinjauan literatur sistematis. College graduates, Colleges, Literature review.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 04 Oct 2023 09:02
Last Modified: 04 Oct 2023 09:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22562

Actions (login required)

View Item
View Item