Lailatul, Nurul Khasanah and Retno, Tri Hariastuti and Eko, Darminto (2022) Program Halo BK: Solusi pelayanan bimbingan dan konseling di masa pandemi Covid-19. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (1): 9. pp. 82-91. ISSN 2579-3063
2579-3063_9_1_2022-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (309kB) | Preview
Abstract
Program Halo BK adalah suatu kegiatan pelayanan bimbingan dan konseling berbasis online atau daring (dalam jaringan) yang dikemas dalam teknik diskusi VOS Podcast dengan memanfaatkan media TV Youtube, VOS radio dan VOS TV. Program Halo BK memberikan berbagai informasi dan pendampingan pada aspek pribadi, sosial, belajar dan karier serta membantu peserta didik mengenali dirinya (konsep diri), mengenal lingkungan dan merencanakan masa depan. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis studi literatur. Tujuan program Halo BK adalah : (1) Membantu peserta didik mendapatkan pemahaman terhadap informasi yang diberikan, (2) Membantu peserta didik memanfaatkan informasi dalam membantu penyelesaian masalah, (3) Membantu Peserta didik menjadi lebih mandiri, (4) Membantu peserta didik mampu berpikir positif dan objektif dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya, (5) Membantu peserta didik mampu mengambil keputusan, (6) Membantu peserta didik mampu mengarahkan diri sesuai dengan kebutuhannya (7) Membantu peserta didik mampu mengatualisasikan diri.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Halo BK, Solusi pelayanan bimbingan dan konseling, COunseling, Group counseling, Psychology |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:41 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:41 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22561 |