Permainan roda pelangi untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banjarmasin

Dinda, Prilia and Sulistiyana, Sulistiyana and Akhmad, Sugianto (2022) Permainan roda pelangi untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banjarmasin. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (1): 6. pp. 51-62. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_9_1_2022-6.pdf]
Preview
Text
2579-3063_9_1_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Banjarmasin sebelum dilakukan bimbingan kelompok dengan permainan roda pelangi, setelah dilakukan layanan, dan menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan permainan roda pelangi untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. sampel sebanyak 8 siswa yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok control dan kelompok treatment. Instrument pengumpulan data menggunakan skala penerapan 4B dan skala permainan roda pelangi. Teknik penarikan sampel menggunakan porpusive sampling. Analisis data menggunakan rumus T-hitung. Hasil analisi didapatkan T-hi>T-tab yaitu 3.92 > 1.94 artinya Permainan Roda Pelangi dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk penerapan nilai 4B (Baiman, Bauntung, Batuah, dan Baadab) pada siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, permainan roda pelangi, penerapan nilai 4B, Group counseling, Secondary school education, Teaching method
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:20
Last Modified: 27 Nov 2023 03:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22548

Actions (login required)

View Item
View Item