Ardhya, Wira Santi and Santy, Andrianie and Restu, Dwi Ariyanto (2022) Pengembangan skala karakter empati siswa kelas XI SMA. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (1): 5. pp. 39-50. ISSN 2579-3063
2579-3063_9_1_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (503kB) | Preview
Abstract
Manusia adalah makhluk yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, empati merupakan hal yang sangat diperlukan bagi setiap manusia, empati dikatakan sebagai inti dari emosi, mengingat pentingnya karakter empati bagi setiap manusia, hal ini perlu ditumbuhkan dan berkembang dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas skala empati. Peneliti menggunakan desain pengembangan instrumen yang terdiri dari: (1) research and informing; (2) perencanaan; (3) mengembangkan bentuk awal produk; (4) uji lapangan pendahuluan; (5) revisi produk utama. Populasi dalam penelitian ini adalah 270 siswa kelas XI SMAN 1 Pare dengan sampel 30 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product-moment dan Cronbach's Alpha. Dari rancangan instrumen awal sebanyak 30 item terdapat 30 item yang tidak valid, menyisakan 23 item yang valid sedangkan nilai cronbach alpha sebesar 0,852 yang termasuk dalam kategori baik. Dengan demikian, instrumen siap digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen, skala karakter empati, siswa SMA |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:06 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:06 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22547 |