Prasetya, Rachmawan and Mohamad, Jazeri and Binti, Maunah (2022) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu di SD. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (1): 4. pp. 18-27. ISSN 2579-3063
2579-3063_9_1_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak terjadi kesalahan dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (library research) melalui kajian kepustakaan untuk memperkuat analisis dari berbagai sumber yang digunakan. Penelitian ini diawali dengan merumuskan masalah penelitian dilanjutkan dengan menganalisis hasil penelitian yang relevan. Pengumpulan data dalam studi literatur ini dilakukan dengan menggunakan non tes yaitu dengan menelusuri jurnal elektronik melalui jurnal-jurnal bereputasi, buku, skripsi, dan jurnal online yang terbit tahun 2014 hingga 2019 yang relevan dengan penerapan pendekatan saintifik. Hasil yang diperoleh dari penulusuran tersebut akan dianalisis oleh penulis menggunakan metode analisis isi. Dari hasil analisis penelitian 11 jurnal online yang relevan menunjukkan bahwa pendekatan saintifik efektif diterapkan dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan saintifik, tematik terpadu, siswa sekolah dasar |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:04 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22545 |