Analisis grit model pada guru lembaga pendidikan non formal selama masa pandemi Covid-19

Fadiya, Dina Hanifa and Suryanto, Suryanto (2023) Analisis grit model pada guru lembaga pendidikan non formal selama masa pandemi Covid-19. Proceeding Series of Psychology, 1 (1): 6. pp. 54-62. ISSN 2986-1101

[thumbnail of 2986-1101_1_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
2986-1101_1_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam komponen pendukung pelaksanaan pendidikan, kesejahteraan terhadap guru merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Pada kenyataannya, dukungan kepada guru, terutama guru non formal masih menjadi hal yang perlu diperhatikan, salah satu contohnya yaitu rendahnya tunjangan yang diberikan kepada guru non formal. Ditambah lagi keadaan yang memburuk pada masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang hidup dalam kesulitan. Sementara itu, masih banyak guru yang bertahan untuk mengajar di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat gambaran guru yang bertahan selama pandemi Covid-19 dengan konsep grit, dimana konsep grit ditemukan sebagai konsep yang menunjukkan faktor yang membuat seseorang bertahan dalam sebuah tujuan tertentu. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi fenomenologi kepada 3 guru lembaga pendidikan non formal selama masa pandemi Covid-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Grit, Guru non formal, Pandemi Covid-19. Education, Kindergarten teachers, Coronavirus.
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:53
Last Modified: 03 Oct 2023 04:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22538

Actions (login required)

View Item
View Item