Skala kematangan karier siswa SMK

Yuanita, Dwi Krisphianti and Fenti, Adelia Nurwulansari (2022) Skala kematangan karier siswa SMK. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9 (1): 2. pp. 8-17. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_9_1_2022-2.pdf]
Preview
Text
2579-3063_9_1_2022-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (281kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan menemukan bahwa kematangan karir siswa SMK tergolong rendah, antara lain a) siswa tidak memiliki rencana untuk kelanjutan karier setelah lulus sekolah, b) siswa tidak memiliki usaha untuk mencari informasi jurusan karier yang dipilih, c) siswa tidak tertarik membaca informasi tentang karier yang telah dipajang, dan d) siswa kesulitan memutuskan mau kemana dan apa yang harus dikerjakan ketika lulus sekolah. Peneliti perlu berupaya untuk meningkatkan kematangan karier siswa SMK. Untuk mengukur peningkatan kematangan karier dalam upaya tersebut, peneliti mengembangkan instrumen berupa skala kematangan karier siswa SMK yang valid dan reliabel. Oleh karena itu, artikel ini memaparkan uji validitas dan reliabilitas skala kematangan karier siswa SMK yang telah dikembangkan sendiri oleh peneliti. Berdasarkan hasil uji validitas yang ditelah diberikan kepada 139 siswa kelas XI SMK Pemuda Papar, diperoleh 55 item skala yang valid dengan t tabel sebesar 0.166 dan tingkat reliabel sebesar 0.892. Dari 55 aitem valid, semua mewakili setiap indikator kematangan karier. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas instrumen, maka skala kematangan karier dapat digunakan untuk mengukur tigkat kematangan karier siswa SMK Pemuda Papar pada tahap penelitian selanjutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kematangan karier, skala, vocational education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:43
Last Modified: 27 Nov 2023 02:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22537

Actions (login required)

View Item
View Item