Penerapan metode drill dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab kelas 2 SD PKBM Permata Sunnah Sidoarjo

Misbahuddin, Muhammad and Halim, Andy Fahmi (2022) Penerapan metode drill dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab kelas 2 SD PKBM Permata Sunnah Sidoarjo. Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa, 12 (2): 7. pp. 257-266. ISSN 2088-9593

[thumbnail of 2088-9593_12_2_2022-7.pdf]
Preview
Text
2088-9593_12_2_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (669kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari penggunaan metode Drill dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap peningkatan penguasaan pemahaman kosa kata bahasa Arab siswa kelas 2 ikhwan PKBM Permata Sunnah, Sidoarjo. Metode Drill digunakan oleh pendidik karena metode ini cocok untuk pembelajaran bahasa asing terutama pembelajaran bahasa Arab karena peserta didik memperoleh kemampuan pemahaman kosa kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian PTK yaitu penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, sebagai objek yaitu siswa kelas 2 ikhwan PKBM Permata Sunnah, Sidoarjo. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode Drill pada mata pelajaran bahasa Arab dapat meningkatkaan hafalan serta pemahaman kosakata siswa kelas 2 ikhwan PKBM Permata Sunnah, Sidoarjo. Hal itu di buktikan dengan hasil tes siswa dari tes pertama dan tes kedua presentase siswa yang dapat menjawab meningkat sebesar 15%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode drill, Penguasaan kosakata, Pembelajaran bahasa arab, Learning methods, Arabic language, Vocabulary
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 28 Jan 2024 07:29
Last Modified: 28 Jan 2024 07:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22535

Actions (login required)

View Item
View Item