Problematika pembelajaran bahasa arab di SDIT Darus Sunnah Sumbawa

Nofiansyah, Muhammad Thoriq and Yamani, Zaki and Bamualim, Mubarak (2022) Problematika pembelajaran bahasa arab di SDIT Darus Sunnah Sumbawa. Jurnal Al-Fawa'id : Jurnal Agama dan Bahasa, 12 (2): 6. pp. 247-256. ISSN 2088-9593

[thumbnail of 2088-9593_12_2_2022-6.pdf]
Preview
Text
2088-9593_12_2_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (597kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana problematika pembelajaran bahasa Arab di SDIT Darus Sunnah Sumbawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelajaran bahasa Arab di SDIT Darus Sunnah Sumbawa dari aspek linguistik maupun non-linguistik masih menghadapi berbagai hambatan seperti pada proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena tenaga pengajar bahasa Arab masih belum berada pada titik kualitas yang sebagaimana mestinya, peserta didik sebagian besar tidak memiliki dasar pengetahuan membaca dan menulis bahasa Arab, juga metode pembelajaran yang belum sesuai dengan marhalah para peserta didik. (2) Upaya mengatasi problematika pembelajaran bahasa Arab di SDIT Darus Sunnah Sumbawa adalah dengan menata kembali kurikulum yang diharapkan memiliki kesusaian dengan tingkat pemahaman peserta didik sesuai jenjang usia mereka, memberikan perhatian yang besar pada kemampuan membaca Al-Qur'an, juga dengan memanfatkan berbagai media pembelajaran yang menarik dalam rangka mengangkat moral dan motivasi para peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran, Bahasa Arab, Arabic language, Learning methods
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 28 Jan 2024 10:51
Last Modified: 28 Jan 2024 10:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22532

Actions (login required)

View Item
View Item