Hubungan mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat inap

Keristiani, Mendrofa and Yupiter, Mendrofa and Sumangeli, Gulo (2022) Hubungan mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat inap. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi (Jamane), 1 (2): 11. pp. 268-274. ISSN 2829-8888

[thumbnail of 2829-8888_1_2_2022_11.pdf]
Preview
Text
2829-8888_1_2_2022_11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (313kB) | Preview

Abstract

Mutu pelayanan sangat penting dipahami karena berdampak langsung pada citra sebuah usaha, kualitas pelayanan yang baik akan sangat menguntungkan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan, minat kunjungan ulang pasien dan besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat inap di Klinik Pratama Tabita Kota Gunungsitoli. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat inap yang berkunjung ulang dari bulan Januari sampai dengan bulan Agustus berjumlah 20 orang pada Klinik Pratama Tabita di mana seluruh populasi menjadi sampel mengingat jumlah populasi kurang dari 100 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa: 1). Tingkat validitas variabel X dan Y memenuhi standar dan ketentuan yang berlaku di mana seluruh pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel di mana thitung > ttabel , 2). Nilai uji koefisien korelasi sebesar 0.905 telah memenuhi syarat reliabilitas pada tingkat korelasi sangat tinggi dan koefisien determinan sebesar 68,4%, 3). Analisa regresi linear sederhana diperoleh nilai koefisien a = 6735,438 dan nilai b = 1,116. Dengan demikian regresi linear sederhana diperoleh Y = 6735,438 + 1,116 X, dan 4). Dari uji t yang telah di terima maka diperoleh hasil thitung > ttabel atau 6,235 > 0,444 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien di Klinik Pratama Tabita Kota Gunungsitoli, artinya hipotesis tersebut dapat di terima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mutu pelayanan, Minat kunjungan ulang, Service quality, Inpatient services, Visitors to patients
Subjects: Health Resources > Health Services
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:22
Last Modified: 21 Nov 2023 08:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22522

Actions (login required)

View Item
View Item