Analisis ketimpangan ekonomi antar daerah di Provinsi Jambi dengan pendekatan indeks Theil

Siska, Fitrima Sari and Roni, Saputra (2022) Analisis ketimpangan ekonomi antar daerah di Provinsi Jambi dengan pendekatan indeks Theil. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi (Jamane), 1 (2): 6. pp. 224-232. ISSN 2829-8888

[thumbnail of 2829-8888_1_2_2022_6.pdf]
Preview
Text
2829-8888_1_2_2022_6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (554kB) | Preview

Abstract

Kondisi ideal suatu pembangunan ekonomi akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan tingkat ketimpangan ekonomi. Hal ini berbeda dengan kondisi umum yang terjadi di Provinsi Jambi. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Provinsi Jambi diiringi dengan meningkatnya ketimpangan pendapatan yang menunjukkan terjadinya kenaikan ketimpangan antar individu. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi juga diikuti dengan indeks wiliamson yang mengalami kenaikan, hal ini menunjukkan terjadinya kenaikan ketimpangan ekonomi antar daerah di Provinsi Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan ketimpangan ekonomi antar daerah di Provinsi Jambi, mengetahui pengelompokan wilayah di provinsi Jambi, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketimpangan ekonomi antar daerah di Provinsi Jambi serta menjelaskan implikasi kebijakan dari hasil studi yang dilakukan. Alat analisis yang digunakan adalah berupa tipologi Klassen, Indeks Theil dan Regresi Berganda. Hasil penelitian berdasarkan tipologi Klassen menunjukkan bahwa daerah kategori maju adalah Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjab Barat, sedangkan daerah maju tapi tertekan yaitu Kabupaten Batang Hari dan Bungo, kemudian daerah yang sedang berkembang yaitu Kabupaten Kerinci, Tanjab Timur dan Kota Jambi, sementara daerah tertinggal yaitu : Kabupaten Merangi, Sarolangun dan Tebo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ketimpangan ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi, IPM, RBI, Economic inequality, Economic growth, Analysis (methodology)
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:51
Last Modified: 21 Nov 2023 03:51
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22514

Actions (login required)

View Item
View Item