Kholifatul, Dwinur Kholisah and Sutijono, Sutijono and Dimas, Ardika Miftah Farid (2021) Pengaruh play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok terhadap sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di masa pandemi Covid-19. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8 (2): 7. pp. 139-146. ISSN 2579-3063
2579-3063_8_2_2021-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (261kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok terhadap sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini preeksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pada rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Subjek penelitian sebanyak 5 siswa yang memiliki sosio emosional yang rendah. Pengujian hipotesis yang digunakan oleh peneliti yaitu wilcoxon signed ranks test. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan rata-rata skor sosio emosional siswa SMP Hang Tuah 1 Surabaya dari nilai mean pre-test 76,80 menjadi nilai mean post-test 96,60 artinya play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok berpengaruh terhadap sosio emosional siswa (Asymp. Sig = 0,043; Asymp. Sig = 0,043 < α = 0,05). Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan play therapy dengan media boneka tangan dalam bimbingan kelompok terdapat pengaruh terhadap meningkatkan sosio emosional siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Play therapy, boneka tangan, bimbingan kelompok, sosio emosional |
Subjects: | Medicine & Biology > Occupational Therapy, Physical Therapy, & Rehabilitation Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 02:26 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 02:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22492 |