Gambaran kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar saat pandemi serta implikasinya dalam bimbingan dan konseling

Miranti, Widi Andriani (2021) Gambaran kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar saat pandemi serta implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8 (2): 2. pp. 86-94. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_8_2_2021-2.pdf]
Preview
Text
2579-3063_8_2_2021-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (285kB) | Preview

Abstract

Tujuan kurikulum menginginkan hasil belajar dan pembelajaran salah satunya adalah mengembangakan potensi berpikir kritis. Khususnya di sekolah dasar, kemampuan berpikir kritis tentu tetap wajib menjadi hal yang diutamakan selama proses belajar dan pembelajaran. Sejak pandemi, terjadi perubahan pelaksanaan pembelajaran dari langsung menjadi pembelajaran jarak jauh. Sangat penting untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis siswa khususnya di sekolah dasar dan pada saat pandemi agar dapat melakukan pembenahan dalam metode pembelajaran dan menyiapkan langkah-langkah bimbingan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-tes dengan pemberian angket skala berpikir kritis. Teknik analisis data dengan mendeskripsikan data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan gambaran kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar dimasa pandemi berada pada ketegori cukup kritis. Rincian perolehan prosentase tiap indikator adalah elementary clarification menunjukkan hasil cukup kritis, basic support menunjukkan hasil cukup kritis, inference menunjukkan hasil tidak kritis, advance clarification menunjukkan hasil tidak kritis, dan tactic and strategy menunjukkan hasil cukup kritis. Hasil peneltian dapat dijadikan rekomendasi kepada guru sebagai pelaku bimbingan dan konseling dalam langkah treatment kuratif bagi siswa sekolah dasar sehingga dapat membantu perkembangan siswa secara optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, sekolah dasar, bimbingan, pandemis
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:03
Last Modified: 27 Nov 2023 02:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22485

Actions (login required)

View Item
View Item