Keefektifan peer counseling untuk meningkatkan resiliensi remaja di Pesantren Bahrul Ulum Jombang

Muwakhidah, Muwakhidah (2021) Keefektifan peer counseling untuk meningkatkan resiliensi remaja di Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8 (1): 6. pp. 52-64. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_8_1_2021-6.pdf]
Preview
Text
2579-3063_8_1_2021-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas kondisi di lapangan yang menunjukkan rendahnya resiliensi remaja pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan resiliensi remaja pesantren melalui peer counseling. Penelitian ini mempergunakan rancangan desain pretest-posttest control group design. Sedangkan subjek penelitian ini yakni 10 siswa yang diperoleh melalui 52 teknik purposive sampling, yakni menentukan subjek dengan melihat nilai reseliensi dalam rentang rendah. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini ada dua yakni instrumen perlakukan dan pengukuran. Instrumen pengukuran terdiri dari skala resiliensi dengan validitas sebesar 0.320 dan reliabilitas 0.855 dan lembar refleksi diri siswa, sedangkan instrumen perlakuan terdiri dari buku panduan peer counseling. Teknik analisis data memakai uji Two-Independent-Sampel Test-Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis statistik memperlihatkan nilai z hitung > z tabel yaitu 3.315 dan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.001<0.05, maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan peer counseling efektif untuk meningkatkan resiliensi remaja pesantren.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peer counseling, Resiliensi, Pesantren, Group counseling, Teaching method, Student education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:00
Last Modified: 24 Nov 2023 07:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item
View Item