Sri, Utami (2020) Upaya mengurangi perilaku membolos dengan konseling kelompok menggunakan teknik token ekonomi di SMA Negeri 1 Pasirian. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7 (2): 8. pp. 115-120. ISSN 2579-3063
2579-3063_7_2_2020-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (268kB) | Preview
Abstract
Ketidakhadiran siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung merupakan penyimpangan perilaku yang berasal dari dalam dan dari luar diri individu. Adapun pengaruh dari dalam didinya biasanya ditandai dengan rasa malas dan ketidakmengertian akan akibat yang dilakukannya, sedangkan yang berasal daari luar dirinya adalah karena pengaruh dari keluarga dan teman sebayanya. Kekurang sadaran akan akibat perilaku tersebut membutuhkan bimbingan dari keluarga, guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK yang artinya bahwa perilaku ketidak hadiran siswa dalam mengikuti pembelajaran atau membolos tersebut perlu diperhatikan agar tidak memunculkan permasalahan yang baru.Dalam penelitian kali ini bertujuan untuk menurunkan perilaku membolos siwa di SMA N 1 Pasirian dengan konseling kelompok menggunakan teknik token ekonomi.Untuk ketegori tingkat membolos tinggi pada keadaan awal 40% setelah diberikan bimbingan konseling kelompok tahap pada siklus1 menjadi 20% kemudian dilanjutkan ke bimbingan konseling siklus II menjadi 0%, untuk kategori sedang pada keadaan awal 40% setelah siklus I tetap 20% dan setelah siklus II menjadi 0%, untuk kategori rendah awal 20% setelah siklus I menjadi 40% dan setelah siklus II tetap 40%, sedangkan untuk kategori paling rendah pada keadaan awal 0% setelah siklus I tetap 0% dan setelah siklus II menjadi 60%.Dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan menggunakan teknik token ekonomi bisa mengurangi perilaku membolos di SMA Negeri 1 Pasirian.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Token economy, Truancy, Student behavior, High school education, Teaching method |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 03:59 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 03:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22450 |