Syaiful, Hidayatullah (2020) Upaya meningkatkan asertivitas melalui layanan konseling kelompok dengan teknik asertif training pada siswa asuh kelas X DPIB 2 SMK Negeri 1 Sampang. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7 (2): 6. pp. 99-105. ISSN 2579-3063
2579-3063_7_2_2020-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (227kB) | Preview
Abstract
Perilaku asertif menjadi hal penting yang dimiliki individu. Perilaku asertif mencerminkan bagaimana individu mampu untuk mengenali diri sendiri dan jujur dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Perilaku asertif mengarahkan individu untuk mampu menghargai ekspresi dari perasaan positif dan negative diri sendiri maupun orang lain dan mampu untuk melakukan control diri tanpa rasa bersalah. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Upaya peningkatkan Asertivitas Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Asertif Training Pada Siswa. Dalam Penelitian ini subjek penelitian adalah siswa yang memiliki tingkat asertivitas rendah di kelas X DPIB 2 SMK Negeri 1 Sampang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan angket assetivitas siswa. Metode analisis data yang digunakan menganalisis tingkat keberhasilan atau persentase pemberian reinforcement terhadap Asertivitas siswa dilakukan dengan cara memberikan evaluasi angket. Dari hasil siklus I dan II terdapat peningkatan kriteria asertivitas dari “rendah” ke “sedang” dan “tinggi”. Konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan assertivitas siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku asertif, Asertive training, Konseling kelompok, Counseling, Assertive behavior, High school student |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Psychology |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 03:53 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 03:53 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22446 |