Menurunkan prilaku membolos dengan layanan konseling individu melalui teknik latihan asertif pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK Raden Paku Wringinanom

Ida, Trisnawati (2020) Menurunkan prilaku membolos dengan layanan konseling individu melalui teknik latihan asertif pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK Raden Paku Wringinanom. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7 (2): 4. pp. 86-91. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_7_2_2020-4.pdf]
Preview
Text
2579-3063_7_2_2020-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (258kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran dapat terlaksana bila semua komponen terpenuhi, yaitu guru dan siswa. Di era modern seperti ini prilaku membolos masih terjadi, apalagi siswa yang tidak mempunyai pendirian hanya ikut-ikut teman untuk membolos masih saja terjadi. Tujuan dari penelitian tindlkan kelas ini adalah sejauh mana perilaku membolos dapat diturunkan dengan konseling individu melalui teknik latihanasertif untuk menolak ajakan teman membolos. Subjek penelitian adalah siswakelas XI TKJ 2 SMK Raden Paku Wringinanom tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah angket, wawancara dan observasi. Hasil yang diperoleh pada siklus I masih rendah yaitu 55% dari indikator keberhasilan sedangkan disiklus II mengalami tingkat keberhasilan menjadi87,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan latihan asertif siswa bersikaptegas menolak ajakan teman membolos.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konseling individu, Latihan asertif, Perilaku membolos, Counseling, High school student, Teaching materials
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 Nov 2023 03:46
Last Modified: 24 Nov 2023 03:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22436

Actions (login required)

View Item
View Item