Pendampingan melukis mural dinding sekolah untuk guru di RA Perwanida 1 Tegaldlimo Banyuwangi

Moh., Anas Syamsudin and Yuli, Tri Andini (2022) Pendampingan melukis mural dinding sekolah untuk guru di RA Perwanida 1 Tegaldlimo Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kalam, 1 (3): 1. pp. 126-134. ISSN 2829-8241

[thumbnail of 2829-8241_1_3_2022-1.pdf]
Preview
Text
2829-8241_1_3_2022-1.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat tentang pendampingan melukis mural dinding sekolah untuk guru di RA Perwanida 1 Tegaldlimo dilatarbelakangi oleh kondisi dinding sekolah yang sudah rusak dan perlu di renovasi. Selain itu pengabdian ini juga dilatarbelakangi oleh hasil wawancara terhadap kepala sekolah di RA Perwanida 1 Tegaldlimo yang mengungkapkan bahwa RA Perwanida 1 Tegaldimo ingin sekali membuat lukisan dinding agar suasana kelas menjadi lebih menyenangkan bagi anak. Keinginan tersebut tidak di realisasikan karena keterbatasan dana dan kemampuan guru. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan guru di RA Perwanida 1 Tegaldlimo tentang teknik melukis mural, sehingga diharapkan guru-guru di RA Perwanida 1 Tegadlimo tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk melukis dinding sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan dan pelatihan yang terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan monev. Setelah dilakukannya program pengabdian ini, kemampuan guru dalam melukis teknik mural berkembang, sehingga guru di RA Perwanida 1 Tegaldlimo tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melukis dinding sekolah, karena guru sudah mampu membuat lukisan mural sendiri tanpa harus menyewa jasa dari orang lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Assistance, Painting, Mural, Student community service
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Syifa Naufal Qisty
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:58
Last Modified: 19 Jan 2024 03:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22430

Actions (login required)

View Item
View Item