Titie, Nurhayati (2020) Peningkatan kedisiplinan dengan konseling kelompok melalui teknik token economy bagi peserta didik SMPN 3 Banyuates. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7 (1): 7. pp. 57-63. ISSN 2579-3063
2579-3063_7_1_2020-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (361kB) | Preview
Abstract
Sikap disiplin merupakan aspek penting dan utama dalam pendidikan, sehingga diharapkan peserta didik dapat mengontrol perilakunya sesuai dengan norma yang berlaku. Sehubungan dengan misi tersebut maka dirasakan perlu adanya layanan bimbingan dan konseling yang efektif dan efisien untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi mahasiswa. Para guru bimbingan dan konseling menilai penggunaan layanan informasi kurang optimal, sehingga saat ini menggunakan layanan konseling kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa. Banyak pengobatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan, salah satunya dengan terapi modifikasi perilaku. Yang akan digunakan dalam modifikasi perilaku adalah dengan menggunakan teknik ekonomi token yaitu dengan memberikan penguatan positif. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik purposive sampling digunakan dalam penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian, terdapat perubahan perilaku disiplin yang signifikan dari pemberian token economy pada siklus 1 dan siklus 2.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Konseling kelompok, Token economy, Secondary school, Discipline, Secondary school teaching |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 03:18 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 03:18 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22421 |