Etika Al-Ghazālian dan titik temunya dengan etika kantian

R.F. Bhanu, Viktorahadi (2022) Etika Al-Ghazālian dan titik temunya dengan etika kantian. Focus, 3 (1): 5. pp. 43-52. ISSN 2722-6336

[thumbnail of 2722-6336_3_1_2022-5.pdf]
Preview
Text
2722-6336_3_1_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (159kB) | Preview

Abstract

Dengan tingkat intelektualnya yang besar dan pengetahuan ensiklopedisnya, al-Ghazâli telah mempengaruhi pemikiran Islam dan mendefinisikan praktiknya selama hampir sembilan abad. Seperti banyak ahli hukum dan filosof, al-Ghazâli membagi alam semesta menjadi dunia sementara dan akhirat abadi. Dunia ini, atau keberadaan sementara, tunduk pada kehendak Tuhan. Ia tidak diatur oleh seperangkat hukum ilmiah, tetapi dipelihara, diatur dan didorong oleh campur tangan Tuhan secara langsung dan terusmenerus (penolakan kausalitas). Tuhan bukan hanya pencipta alam semesta beserta atribut dan hukumnya (atau penyebab keberadaan). Dia juga penyebab setiap peristiwa di dunia, besar dan kecil, masa lalu, sekarang dan masa depan. Sebagai seorang sufi, al-Ghazâli memang memiliki teori etika sebagai bagian dari disiplin tasawufnya. Sebagian ahli menganggap al-Ghazâli sebagai tokoh sufi, sebagian lainnya juga menggolongkannya sebagai tokoh filsafat yang terkemuka. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi, karena dari buku-buku yang ditulisnya semua menunjukkan ketertarikannya baik pada tasawuf maupun filsafat. Dengan mempertimbangkan buku-bukunya Maqâshid al-Falâsifah atau Tahâfut al-Falâsifah, atau melalui Mi'yâr al'Ilm-nya, orang akan menganggapnya sebagai seorang filosof sejati. Tapi orang juga bisa menyimpulkan dia sebagai sufi sejati atau mistikus sejati hanya dengan melihat karya-karya masterpiece-nya seperti Ihyâ al-Ulûm alDîn, atau Kitab al-Arbâ'in dan al-Munqidz min al-Dhalal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Hipotesis, Etika Mistik, Anti-rasio, Mistisisme. Hypothesis, Islamic scientists, Intellectual ability.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:02
Last Modified: 29 Sep 2023 03:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22395

Actions (login required)

View Item
View Item