Menyoal efektifitas kuliah daring

Kristoforus, Garnodin and Sebastianus, Hagoldin (2021) Menyoal efektifitas kuliah daring. Focus, 2 (1): 1. pp. 1-9. ISSN 2722-6336

[thumbnail of 2722-6336_2_1_2021-1.pdf]
Preview
Text
2722-6336_2_1_2021-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (406kB) | Preview

Abstract

Titik fokus pembahasan penelitian ini adalah relevansi pemikiran Jean-Jacques Rousseau dengan kuliah online. Konsep dasar pendidikan menurut Rousseau terletak pada pembentukan manusia yang bebas, mandiri tanpa tekanan atau ikatan, bukan untuk tujuan tertentu. Dengan kata lain, kebebasan adalah hukum dasar pendidikan. Pandemi Covid-19 memaksa perkuliahan dilakukan secara online. Perubahan sistem perkuliahan dari tatap muka ke sistem baru yaitu online menjadi kenyataan yang tidak mudah untuk dilaksanakan. Banyak tantangan yang terjadi baik dari pihak lembaga pendidikan, tenaga pengajar, maupun siswa. Hal ini terjadi karena dosen dan mahasiswa sendiri tidak memiliki kemampuan yang seimbang dalam memberikan atau menerima materi perkuliahan secara online. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan menganalisis pemikiran para tokoh dalam konteks kuliah online. Penelitian ini menemukan bahwa dinamika perkuliahan yang terjadi selama pandemi covid-19 tidak berjalan efektif. Tenaga pengajar belum dapat sepenuhnya memberikan materi perkuliahan dengan maksimal dan mahasiswa juga belum dapat menyerap materi secara maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kuliah daring, Kebebasan, Covid-19, Mahasiswa. Distance education, Academic freedom,College students.
Subjects: Communication
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:24
Last Modified: 27 Sep 2023 04:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22372

Actions (login required)

View Item
View Item