Wijayanti, Wijayanti (2019) Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah belajar siswa SMK dengan layanan bimbingan teknik problem-based Introduction. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6 (2): 7. pp. 115-124. ISSN 2579-3063
2579-3063_6_2_2019-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (215kB) | Preview
Abstract
Kemampuan menyelesaikan masalah belajar siswa SMK merupakan elemen penting dalam pencapaian prestasi belajar yang optimal dankehidupan sehari-hari. Pentingnya kemampuan ini belum optimal pada kalangan siswa SMK. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut peneliti perlu menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik problem-based introduction yang relevan dengan kemampuan yang ingin dicapai. Dengan demikian tujaun penelitian ini adalah untuk mengetahi penerapan layanan bimbingan dengan teknik problem-based introduction untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah belajar siswa SMK. Untuk mencapai tujuan, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan dalam BK (PTBK) sebanyak 2 siklus pada 50 siswa, yang diambil dari populasi sebanyak 2004 siswa SMK secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan ketercapaian kriteria sebanyak 46% pada siklus pertama dan sisanya 64% dicapai pada siklus kedua. Dengan ketercapaian itu dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dengan teknik problem-based introduction dapat diterpkan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah belajar siswa SMK.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Masalah belajar, Kemampuan pemecahan masalah, Layanan bimbingan, Problem-based introduction, High school education, High school student, Teaching method |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 04:26 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 04:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22370 |