Penggunaan panduan teknik self instruction sebagai media untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMA

Rosalia, Dewi Nawantara and Laelatul, Arofah and Nora, Yuniar Setyaputri (2019) Penggunaan panduan teknik self instruction sebagai media untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMA. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6 (2): 4. pp. 88-94. ISSN 2579-3063

[thumbnail of 2579-3063_6_2_2019-4.pdf]
Preview
Text
2579-3063_6_2_2019-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (251kB) | Preview

Abstract

Self discipline atau disiplin diri adalah atribut diri yang perlu dimiliki oleh siswa. Fenomena nyata di sekolah menunjukkan masih terdapat siswa yang memiliki disiplin diri rendah. Disiplin diri rendah ditandai dengan perilaku melanggar peraturan sekolah sampai di sekolah terlambat, menggunakan atribut sekolah yang tidak lengkap, dan lain sebagainya. Fenomena tersebut hendaknya menjadi perhatian khusus karena disiplin diri apabila dibiarkan akan berpengaruh pada bidang akademik siswa. Teknik self instruction merupakan salah satu teknik konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin diri tersebut. Teknik ini memfokuskan pada kata diri positif yang dapat mengontrol perilaku. Teknik self instruction pada riset ini diterapkan melalui media panduan. Tujuan riset ini adalah untuk meningkatkan disiplin diri siswa Sekolah Menengah Atas melalui panduan teknik self instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Srengat. Purposive samplingmerupakan teknik mengambilan sampel yang dipakai dalam peneltian ini. Instrumen yang digunakan adalah skala disiplin diri. Hasil data dari instrumen tersebut dianalisis menggunakan paired sample test dengan ketentuannilai signifikansi 0,004<0,05. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan tingkat disiplin diri siswa sebelum dan sesudah diberikan intervensi.Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa panduan teknik self instruction efektif untuk meningkatkan disiplin diri siswa SMA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Panduan, Teknik self instruction, Disiplin diri, High school student, Student behaviour, Teaching method
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:04
Last Modified: 22 Nov 2023 04:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22361

Actions (login required)

View Item
View Item