Analisis kualitas pembelajaran daring di Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung

Ernawati, Ernawati and Yusuf, Maudy Sriwahyuni (2023) Analisis kualitas pembelajaran daring di Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung. Cipasung Techno Pesantren: Jurnal Ilmiah, 17 (1): 4. pp. 26-33. ISSN 1978-0842

[thumbnail of 1978-0842_17_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
1978-0842_17_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (272kB) | Preview

Abstract

Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung (STT Cipasung) adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi formal yang ada di Pondok Pesantren Cipasung Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat. Selama pandemi covid-19 semua kegiatan akademik dan non akademik di Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung diubah menjadi Work From Home (WFH). Pembelajaran dilaksanakan secara daring tentu memiliki banyak masalah yang muncul karena penyebab dari faktor gadget, kuot a, jaringan, konsentrasi, lingkungan menyebabkan kenaikan mahasiswa yang tidak lulus mata kuliah dan penurunan nilai IP mahasiswa. Untuk itu Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung perlu melakukan penelitian analisis kualitas pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil pengolahan data bahwa 18 atribut yang diukur menghasilkan nilai gap negatif, hal ini menunjukan belum memenuhi harapan mahasiswa. Berdasarkan hasil diagram kertesius IPA, atribut dari pembelajaran daring yang perlu diperbaiki konsistensi dosen memberikan kuliah dengan baik dan dosen handal dalam mengelola kelas saat pembelajaran daring.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring, Kualitas, Covid-19, Service quality, Quality of services, Work from home, Electronic learning, Importance performance analysis
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:21
Last Modified: 25 Jan 2024 06:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22346

Actions (login required)

View Item
View Item