Penerapan literasi baca-tulis dan literasi numerasi di kelas bawah sekolah dasar

Dewi, Indah Susanti and Jatut, Yoga Prameswari and Sudiyah, Anawati (2022) Penerapan literasi baca-tulis dan literasi numerasi di kelas bawah sekolah dasar. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 6 (1): 10. pp. 82-88. ISSN 2085-2053

[thumbnail of 2085-2053_6_1_2022-10.pdf]
Preview
Text
2085-2053_6_1_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (226kB) | Preview

Abstract

Dalam budaya literasi kaitanya sangat erat dengan dunia pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan penguasaan literasi merupakan indikator yang sangat. Kurangnya bahan bacaan dan praktik literasi yang belum sesuai dinilai sebagai faktor penyebab rendahnya literasi masyarakat Indonesia. Mendeskripsikan penerapan literasi di sekolah dasar merupakan tujuan dari penelitian ini. Pada penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program gerakan literasi di sekolah yang sudah dilaksanakan secara konsisten yaitu: (1) Program literasi ada 3 kali dalam sepekan. (2) Litarsi baca-tulis berbahasa Indonesia dan Inggris. (3) literasi numerasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi baca-tulis, Literasi numerasi, Sekolah dasar, Primary school, literacy, Writing
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:15
Last Modified: 21 Nov 2023 07:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22275

Actions (login required)

View Item
View Item