Dewi, Indah Susanti and Jatut, Yoga Prameswari and Sudiyah, Anawati (2022) Penerapan literasi baca-tulis dan literasi numerasi di kelas bawah sekolah dasar. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 6 (1): 10. pp. 82-88. ISSN 2085-2053
2085-2053_6_1_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (226kB) | Preview
Abstract
Dalam budaya literasi kaitanya sangat erat dengan dunia pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan penguasaan literasi merupakan indikator yang sangat. Kurangnya bahan bacaan dan praktik literasi yang belum sesuai dinilai sebagai faktor penyebab rendahnya literasi masyarakat Indonesia. Mendeskripsikan penerapan literasi di sekolah dasar merupakan tujuan dari penelitian ini. Pada penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program gerakan literasi di sekolah yang sudah dilaksanakan secara konsisten yaitu: (1) Program literasi ada 3 kali dalam sepekan. (2) Litarsi baca-tulis berbahasa Indonesia dan Inggris. (3) literasi numerasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi baca-tulis, Literasi numerasi, Sekolah dasar, Primary school, literacy, Writing |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 07:15 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 07:15 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22275 |