Tri, Endah Haruminarti (2021) Pembelajaran menulis puisi dengan sugesti imajinasi menggunakan media video keindahan alam untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E UPT SMPN 2 Talun. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5 (2): 10. pp. 92-100. ISSN 2085-2053
2085-2053_5_2_2021-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan tindakan pada kelas yang dilakukan di UPT SMP Negeri 2 Talun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sugesti imaginasi media video keindahan alam dapat meningkatkan dan meambah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun. Peningkatan dapat dilihat dari peningkatan skor hasil menulis puisi siswa VII E UPT Talun pada setiap siklus. Rata- rata emampuan siswa siswa dalam menulis puisi sebelum adanya tindakan yang berkategori kurang. Akan tetapi, setelah adanya implementasi tindakan selama dua siklus, kemampuan dari rata-rata siswa dalam menulis puisi menjadi kategori baik. Peningkatan kualitas dari hasil implementasi tersebut dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata menulis puisi siswa pada tahap pratindakan sampai pascatindakan Siklus II. Skor rata-rata siswa pada tahap etelah adanya tindakan sebesar 16,53, pada silkus satu meningkat menjadi 19,95 pada Siklus dua kembali meningkat menjadi 22,31. Dari implementasi tersebut skor rata-rata keterampilan siswa mengalami peningkatan sebesar 2,36. Dengan hail itu keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII E UPT SMP Negeri 2 Talun mengalami peningkatan yang cukup baik secara proses ataupun produk setelah adanya tindakan menggunakan media video keindahan alam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Puisi, Imaginasi, Sugesti, Poems, Secondary school students, Teaching materials |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 19 Nov 2023 13:35 |
Last Modified: | 19 Nov 2023 13:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22255 |