Ariva, Luciandika and Nita, Widiati and Dewi, Ariani (2021) Pengembangan gim rumah sajak berekstensi APK sebagai media pembelajaran menulis puisi dalam jaringan. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5 (2): 5. pp. 46-55. ISSN 2085-2053
2085-2053_5_2_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (245kB) | Preview
Abstract
Pada pembelajaran menulis puisi, pebelajar dapat mengekspresikan gagasan, rasa, pengalaman, dan imajinasi melalui kegiatan menulis. Urgensi penelitian ini yaitu menyusun modul gim berbetuk digital bernama Rumah Sajak yang bisa digunakan secara mandiri oleh mahasiswa agar layak diimplementasikan dari sisi konten isi, sistematika penyajian, kebahasaan, dan tampilan. Desain pengembangan yang digunakan adalah model C-ID- Constructivist Instructional Design dengan pendekatan konstruktivistik pola kerja R2D2. Struktur model C-ID itu terdiri atas 4 tahap, yakni (1) define, (2) design, (3) development, serta (4) dissemination. Dari hasil validasi, rata-rata skor komponen kontem isi 87,1%, sistematika penyajian 86,6%, bahasa 85,8%, dan tampilan 87,2%. Dengan demikian, gim ini layak diimplementasikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gim, Konstruktivistik, Media pembelajaran, Application software, Teaching materials, Prose poems |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 19 Nov 2023 10:26 |
Last Modified: | 19 Nov 2023 10:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22228 |