Mohamad, Faiz Wajhuddin and Encil, Puspitoningrum (2021) Penggunaan metode diskusi kelompok whole group terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMP. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5 (1): 5. 48 -54. ISSN 2085-2053
2085-2053_5_1_2021-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (174kB) | Preview
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan modal utama dalam komunikasi. Namun, masalah yang ada di lapangan dan sering ditemui di kelas adalah tidak semuanya siswa khusunya di SMP POMOSDA mempunyai keterampilan berbicara dengan baik. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh metode diskusi kelompok whole group dalam mengembangkan keterampilan berbicara khususnya siswa kelas VIII SMP POMOSDA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (true experimental research). Dalam penelitian menggunakan teknik eksperimen dengan pola posttest-only control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling karena sampel dari populasi tersebut ditentukan sendiri oleh peneliti. Dapat diketahui perbedaan keterampilan berbicara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dimana nilai (thitung) = 7.350 lebih besar dari ttabel = 2.000 dengan df = 60 (7.350 ˃ 2.000) dan sig.(2-tailed) = 0.000 dimana ( 0.000 < 0.05) dengan taraf kepercayaan 95% maka data penelitian menjadi signifikan maka disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak, dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh metode diskusi kelompok whole group terhadap keterampilan berbiacara siswa kelas VIII SMP POMOSDA Tanjunganom Nganjuk.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode diskusi kelompok whole group, Keterampilan berbicara, Secondary school students, Teaching methods, Oral communication skills |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 19 Nov 2023 07:03 |
Last Modified: | 19 Nov 2023 07:03 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22183 |