Muhammad, Rizali (2022) Analisis kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen PT. Modern Pratama Banjarmasin. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi (Jamane), 1 (2): 3. pp. 201-205. ISSN 2829-8888
2829-8888_1_2_2022_3.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen PT. Modern Pratama Banjarmasin. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang membeli ataupun memperbaiki mesin fotocopy (dengan catatan dulunya membeli) di PT. Modern Pratama Banjarmasin agar dapat mengetahui pengaruh kualitas layanan perusahaan tersebut. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 58 konsumen. Sampel dalam penelitian ini, atas keterbatasan tenaga dan waktu. Maka peneliti tentukan 19 konsumen dengan menggunakan teknik sampling purposive, dengan asumsi rata-rata konsumen dalam sebulan Analisis data yang digunakan yaitu regresi liniear. Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa variabel kualitas layanan (X) 3.531 > 1.998 (ttabel) dengan demikian variabel kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan pengaruh yang ditimbulkan oleh variabel kualitas layanan sebesar 72.7% sisanya 27.3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kualitas layanan secara simultan Nilai Fhitung adalah 65.555 lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar 3.17. Dengan demikian berarti ada pengaruh yang signifikan dari kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen PT. Modern Pratama Banjarmasin.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas layanan, Kepuasan konsumen, Service quality, Consumer satisfaction, Analysis (social) |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 04:39 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 04:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22156 |