Perilaku pengelolaan sampah berkelanjutan pada mahasiswa calon guru biologi

Mucharommah, Sartika Ami and Nanda, Hilda Khikmawati (2022) Perilaku pengelolaan sampah berkelanjutan pada mahasiswa calon guru biologi. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JBP), 9 (2): 2. pp. 69-75. ISSN 2406-8659

[thumbnail of 2406-8659_9_2_2022-2.pdf]
Preview
Text
2406-8659_9_2_2022-2.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (540kB) | Preview

Abstract

Perilaku pengelolaan sampah berkelanjutan merupakan satu upaya untuk mengatasi masalah sampah di lingkungan. Mahasiswa calon guru, terutama calon guru biologi, perlu memiliki perilaku positif tentang pengel olaan sampah berkelanjutan karena akan menjadi teladan bagi peserta didiknya di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku pengelolaan sampah berkelanjutan pada mahasiswa calon guru biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Responden yang terlibat sebanyak 46 mahasiswa pendidikan biologi yang telah menempuh matakuliah ekologi dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui angket survei dengan skala Likert, dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pengelolaan sampah berkelanjutan pada mahasiswa calon guru biologi di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah termasuk dalam kategori baik. Hal ini didukung dengan hasil penilaian diri terkait ancaman yang ditimbulkan oleh sampah dan upaya menanggulanginya, yang juga termasuk dalam kategori baik. Perilaku pengelolaan sampah berkelanjutan dan penilaian diri saling mempengaruhi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan sampah berkelanjutan, Perilaku, Mahasiswa, University students, Student behavior, Waste management
Subjects: Medicine & Biology > Ecology
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:42
Last Modified: 15 Nov 2023 06:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22147

Actions (login required)

View Item
View Item