Peran guru dalam mengimplemintasikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran fiqih

Sholeh, Sholeh and Ahmad, Mubarok and Ahmad, Sholeh (2023) Peran guru dalam mengimplemintasikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran fiqih. Dealika : Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 1 (1): 6. pp. 47-58. ISSN 2986-1322

[thumbnail of 2986-1322_1_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
2986-1322_1_1_2023-6.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian dalam penulisan ini Bagaimana Peran guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran fiqih studi kasus di MAMambaul Hikam Tegalmojo Tegalsiwalan Probolinggo dan Bagaimana implikasi peran guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran Student Facilitator and Explening pada mata pelajaran fiqih studi kasus di MA-Mambaul Hikam Tegalmojo Tegalsiwalan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan, Observasi, Dokumentasi, wawancara, dan. Analisis data menggunakan deskriptif data, ialah model interaktif yaitu alur untuk menentukan secara kronoligis proses analisis dari tahapan awal sampai tahapan penentuan kesimpulan dari hasil studi. Hasil penelitian dari peran guru dalam menimplemintasikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yakni a) Madrasah Aliyah Manbaul Hikam Tegalmojo menerapkan atau menggabungkan kurikulum nasional dengan materi pondok pesantren, b) Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran fiqih berbasis nilai-nilai kitab ialah model diskusi (facilitator) dan ceramah dengan cara guru membaca ketika menggunakan kitab, menerjemahkan, serta menerangkan kalimat demi kalimat sehingga para siswa lebih cepat memahami arti serta nilai-nilai yang ada didalam kitab tersebut, dan c) Pembelajaran fiqih berbasis nilai-nilai kitab merupakan salah satu mata pelajaran ekstra di Madrasah Aliyah Manbaul Hikam Tegalmojo Tegalsiwalan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Guru, Implementasi, Fiqih.teachers, Educational reform, Religious beliefs
Subjects: Communication > Verbal
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:53
Last Modified: 18 Sep 2023 07:53
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22124

Actions (login required)

View Item
View Item