Pembelajaran Daring Zoom Meet untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem koloid mata pelajaran kimia

Asmiwati, Asmiwati (2023) Pembelajaran Daring Zoom Meet untuk meningkatkan hasil belajar materi sistem koloid mata pelajaran kimia. Dealika : Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 1 (1): 5. pp. 37-46. ISSN 2986-1322

[thumbnail of 2986-1322_1_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2986-1322_1_1_2023-5.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Pembaharuan di bidang pendidikan pada dasarnya bertujuan meningkatkan mutu pendidikan. Hasil belajar kimia di MAN I Pekanbaru belum memuaskan disebabkan berbagai hal diantaranya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran masih rendah, sehingga diperlukan adanya perbaikan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model DAZOME (Daring Zoom Meet) di kelas XI MIA 3 MAN I Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 3 MAN I Pekanbaru, yang berjumlah 32 orang siswa. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa dan tes hasil belajar. Analisis data aktivitas dan hasil belajar dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus II lebih tinggi dari siklus I, hasil belajar setelah pelaksanaan siklus I, meningkat dari 67 % menjadi sebesar 74 %. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar telah sesuai dengan yang diharapkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II. Atas dasar temuan di atas disarankan guru bidang studi kimia dapat menggunakan model Dazome karena model ini merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta bermanfaat bagi siswa dan guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Daring, Zoom, Meet. Distance education, Learning processes, Chemistry.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Chemistry
Depositing User: - Annisa -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:47
Last Modified: 18 Sep 2023 07:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22121

Actions (login required)

View Item
View Item