Peranan pendidikan karakter terhadap pengaruh gadget pada peserta didik

Fetti, Anggriani (2023) Peranan pendidikan karakter terhadap pengaruh gadget pada peserta didik. Dealika : Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 1 (1): 4. pp. 30-36. ISSN 2986-1322

[thumbnail of 2986-1322_1_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2986-1322_1_1_2023-4.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap apakah pendidikan karakter berperan dalam pengaruh gadget pada siswa. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah tetapi juga telah diterapkan di keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan berbasis kepustakaan yaitu dengan melakukan beberapa langkah dengan mengumpulkan data-data yang diperlukan yang menjadi objek penelitian, dari konsep dan teori yang relevan, kemudian data tersebut diolah dan dianalisis. Hasil kajian dan pembahasan menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang telah dibentuk pada anak dapat berperan efektif sebagai filter terhadap pengaruh buruk globalisasi (gadget), namun diperlukan kesadaran orang tua (keluarga) bahwa mereka adalah panutan atau panutan. untuk anak-anak mereka. Dalam sikap dan perilaku, orang tua yang berkarakter akan melahirkan anak yang berkarakter, ditambah lagi anak mendapatkan pendidikan karakter di sekolah, dan lingkungan masyarakat mendukungnya, dan akhirnya diharapkan terwujud anak yang unggul secara intelektual dan cerdas secara spiritual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Keluarga, Gadget. Character building, Family, Information Technology.
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources
Computers, Control & Information Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:41
Last Modified: 18 Sep 2023 07:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22119

Actions (login required)

View Item
View Item