Inovasi dan pengembangan potensi madrasah untuk peningkatan mutu peserta didik MAN 1 Pekanbaru

Norerlinda, Norerlinda (2023) Inovasi dan pengembangan potensi madrasah untuk peningkatan mutu peserta didik MAN 1 Pekanbaru. Dealika : Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 1 (1): 1. pp. 1-11. ISSN 2986-1322

[thumbnail of 2986-1322_1_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2986-1322_1_1_2023-1.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview

Abstract

Inovasi pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan aspek pendidikan. Gagasan inovasi pendidikan dapat muncul dari seorang pendidik, pemimpin (kepala madrasah), komite, pemerintah dan semua elemen terkait. Sebagai lembaga pendidikan pertama di bawah Kementerian Agama yang berdiri di Provinsi Riau, MAN 1 Pekanbaru terus meningkatkan kualitas pendidikan guna menciptakan sumber daya manusia yang berdaya saing dan terampil melalui berbagai program unggulan dan program pembiasaan. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji potensi yang dimiliki oleh seluruh warga madrasah dan inovasi yang telah dilakukan oleh kepala madrasah. Penelitian ini merupakan studi literatur. penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari program-program yang telah dilakukan sebagai data primer. Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur dan wawancara untuk mendukung data primer. Beberapa inovasi yang telah dilakukan MAN 1 adalah membangun madrasah berbasis riset, madrasah digital dan komputasi, membentuk madrasah cerdas, menerapkan madrasah dengan sistem kredit, dan madrasah dengan program Cambridge. Diharapkan program-program yang dilaksanakan dapat meningkatkan kualitas dan mutu madrasah terutama untuk kemajuan peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Kualitas siswa, Potensi madrasah. High school students, Educational evaluation, Curriculum innovation.
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: - Anneke -
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:34
Last Modified: 18 Sep 2023 07:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/22117

Actions (login required)

View Item
View Item