Sumarjono, Sumarjono (2022) Pengaruh supervisi menejerial kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam mengajar di sekolah dasar pada Sekolah Dasar Negeri 227/VIII Tirta Kencana tahun pelajaran 2020/2022. Jurnal Pendidikan Al-Mukafaah, 5 (3): 10. pp. 114-127. ISSN 2746-5365
2746-5365_5_3_2022-10.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh dari hasil pengolahan dan analisis data penelitian ini, maka penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: Kinerja Manajerial administrasi sekolah oleh Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 227/VIII Tirta Kencana termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan teknik Weighted Means Score (WMS) dengan nilai rata-rata baik. Hal ini berarti bahwa kinerja menejerial administrasi sekolah oleh kepala Sekolah Dasar Negeri 227/VIII Tirta Kencana dalam keadaan yang baik, kondisi ini terlihat dan indikator indikator kinerja kepala sekolah yang mempunyai kecenderungan positif, yaitu: sudah dapat merumuskan visi dan misi sekolah, merumuskan program tahunan, merumuskan program semester dan mempunyai mekanisme evaluasi pelaksanaan program secara sistematis. Kinerja Guru dalam mengajar juga termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini terlihat pada hasil perhitungan dengan menggunakan Weighted Means Score (WMS) menunjukkan nilai rata-rata Baik. Artinya, kinerja yang ditunjukan oleh para Guru di Sekolah Dasar Negeri 227/VIII Tirta Kencana sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X (kinerja menejerial administrasi kepala sekolah) secara signifikan berpengaruh terhadap variabel Y (kinerja guru dalam mengajar ). Hal ini ditandai dengan perolehan angka korelasi sebesar 0,21, dimana angka tersebut berdasarkan kriteria yang dikemukakan oleh Sugiyono (2004: 214) termasuk dalam kategori rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang lemah dengan arah positif antara kinerja menejerial administrasi sekolah kepala sekolah (variabel X) dengan kinerja guru dalam mengajar di sembilan sekolah binaan. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kinerja Manajerial administrasi sekolah. Alhasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan Supervisi manajerial dapat meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun program supervisi di sekolahnya masing-masing. Dengan harapan penulisan ini dapat bermanfaat bagi penulis untuk sekolah dan guru dapat termotivasi dalam melaksanakan tugas sekolahnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Primary school teachers, Primary education, Competency based teaching, Primary school principals |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:51 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:51 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/22111 |